ABSTRAK
E-learning memberikan
kemudahan dalam proses belajar mengajar untuk murid maupun pengajar. Dengan
E-learning, pengajar dapat meningkatkan komunikasi dengan murid walaupun tidak
bertatap muka. E-learning juga dapat membantu memberikan materi jika jam
pelajaran yang tersedia tidak cukup. Murid dapat mendapatkan materi yang telah
di unggah pengajar, dan mempelajarinya di luar kelas pelajaran.
Kata kunci: e-learning,
online, pelajaran, cara belajar.
PENDAHULUAN
E-Learning
Sistem
pembelajaran elektronik atau bisa disebut dengan e-learning adalah memanfaatkan
teknologi yang ada di era modern ini seefektif mungkin agar sitem belajar
semakin optimal. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak
perlu datang ke ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang pengajar
secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu
pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah
program studi atau program pendidikan. Dan ada juga yang menggunakan konsep
e-learning di dalam kelas untuk memudahkan proses pengajaran.
E-learning
dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui teks, suara, gambar,
animasi/film/video, berupa CD/DVD, ataupun dengan menggunakan internet untuk
membuat kelas virtual, misalnya website Edmodo yang dapat membuat suatu grup
seperti kelas, yang berisikan 1 pengajar dan banyak murid.
E-learning
telah mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis.
E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi,
peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta
didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar
setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik
dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
Dalam
e-learning, faktor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau
bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah
komputer dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh programmer &
desainer e-learning dan pemrogram komputer.
Dengan adanya e-learning para pengajar
akan lebih mudah :
- melakukan
pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai
dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
- mengembangkan
diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
- mengontrol
kegiatan belajar peserta didik.
Kehadiran
guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan
para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah
yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana
asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning
(belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.
E-learning
atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas
Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis
komputer (computer-assisted instruction ) dan komputer bernama PLATO. Sejak
itu, perkembangan E-learning dari masa ke masa adalah sebagai berikut:
- Tahun
1990 : Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan
aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk
kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video
dan AUDIO) DALAM FORMAT mov, mpeg-1, atau avi.
- Tahun
1997 : LMS (Learning Management System). Seiring dengan perkembangan
teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet.
Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan
sebagai kebutuhan mutlak , dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi.
Dari sinilah muncul Learning Management System. Perkembangan Learning
Management System yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi
masalah interoperability antar Learning Management System yang satu dengan
lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang
dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, SCORM, IEEE
LOM, ARIADNE, dsb.
- Tahun
1999 sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan Learning
Management System menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang
secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar
mengajarnya. Learning Management System mulai digabungkan dengan
situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya
dengan perpaduan multimedia , video streaming, serta penampilan interaktif
dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar, dan berukuran
kecil.
Learning
Management System
Learning
Management System (LMS) adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan online, e-learning
dan isi pelatihan. Sebuah Learning Management System dapat melakukan hal
berikut:
- menggunakan
layanan ‘’self-service’’ dan ‘’self-guided’’
- mengumpulkan
dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat
- mengkonsolidasikan
inisiatif pelatihan pada platform berbasis ‘’web scalable’’
- mendukung
portabilitas dan standar
- personalisasi
isi dan memungkinkan penggunaan kembali pengetahuan.
Learning
Management System merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan
pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet
dengan fitur untuk kolaborasi secara online.
Dalam
pelatihan korporasi, Learning Management System biasanya digunakan untuk
mengotomatisasi pencatatan dan pendaftaran karyawan. Dimensi untuk belajar
sistem manajemen meliputi ‘’Students self-service’’ (misalnya, registrasi
mandiri yang dipimpin instruktur pelatihan), pelatihan alur kerja (misalnya,
pemberitahuan pengguna, persetujuan manajer, daftar tunggu manajemen),
penyediaan e-learning (misalnya, pelatihan berbasis komputer, membaca &
memahami), penilaian online, manajemen pendidikan profesional berkelanjutan
(CPE), pembelajaran kolaboratif (misalnya, berbagi aplikasi, diskusi), dan
pelatihan manajemen sumber daya (misalnya, instruktur, fasilitas, peralatan).
Learning
Management System juga digunakan oleh regulasi industri (misalnya jasa keuangan
dan biopharma) untuk pelatihan kepatuhan. Mereka juga digunakan oleh institusi
pendidikan untuk meningkatkan dan mendukung program pengajaran di kelas dan
menawarkan kursus untuk populasi yang lebih besar yaitu seluruh dunia. Beberapa
penyedia Learning Management System termasuk "sistem manajemen
kinerja" meliputi penilaian karyawan, manajemen kompetensi, analisis
keterampilan, perencanaan suksesi, dan penilaian ‘’multi-rater’’ (misalnya,
review 360 derajat). Teknik modern sekarang menggunakan pembelajaran berbasis
kompetensi untuk menemukan kesenjangan belajar dan panduan materi seleksi
pelatihan.
Sebagian
besar Learning Management System berbasis web, dibangun dengan menggunakan
berbagai platform pengembangan, seperti Java/J2EE, Microsoft.NET atau PHP.
Mereka biasanya mempekerjakan penggunaan database seperti MySQL, Microsoft SQL
Server atau Oracle sebagai ‘’back-end’’. Meskipun sebagian besar sistem secara
komersial dikembangkan dan memiliki lisensi perangkat lunak komersial ada
beberapa sistem yang memiliki lisensi ‘’open source’’.
HASIL
DAN PEMBAHASAN
EDMODO
Edmodo
adalah perusahaan bidang teknologi pendidikan yang menawarkan komunikasi,
kerjasama, dan sistem pengajaran untuk murid dan pengajar secara online di
browser internet. Edmodo ditemukan oleh Nic Borg dan Jeff O'Hara pada 1
September 2008. berpusat di San Mateo, California.
Tampilan
edmodo hampir mirip dengan situs jejaring sosial facebook, sehingga mudah
populer dikalangan siswa. para pengajar dapat mendaftar sebagai pengajar di
situs edmodo (https://www.edmodo.com), lalu membuat kelas atau grup yang
nantinya akan berisikan murid. sedangkan murid dapat mendaftar sebagai murid di
situs edmodo, lalu meminta kode kelas atau grup yang telah dibuat oleh
pengajar. orang tua murid pun dapat mendaftarkan dirinya sebagai orang tua
untuk dapat berkomunikasi dengan anaknya maupun sang pengajar. selanjutnya pengajar
dapat memberikan materi, mengadakan quiz, tugas, dan berkomunikasi dengan
murid, pengajar lain, dan orang tua murid tanpa harus bertatap muka.
Dengan
edmodo para pengajar juga dapat membuat grup yang bisa saja berisikan khusus
untuk para pengajar, pengajar dengan orang tua, anggota ekstrakulikuler,
berdasarkan mata pelajaran, dan lain sebagainya. pengajar maupun murid dapat
mengunggah file ke edmodo untuk memberikan tugas ataupun menyerahkan tugas,
dengan ukuran file paling besar 100MB.
Edmodo
juga terkoneksi dengan google docs, jadi jika pengajar ataupun murid memiliki
file di google drive miliknya yang ingin di sebarkan untuk dilihat oleh teman
ataupun pengajarnya, bisa langsung di konfigurasikan di setting profile
miliknya.
Alamat
situs web edmodo dapat ditambahkan dengan nama sekolah atau kelas atau nama
pengajar atau murid ataupun nama unik lainnya agar dapat langsung menuju
halaman web yang dimaksud.
Pengajar
ataupun murid dapat menjadikan file hasil unggahannya terlihat semua orang,
walaupun bukan bagian dari kelas atau grup itu, contohnya jika ingin memberikan
atau memperlihatkan file kepada pengajar atau murid yang berada dalam satu
sekolah, namun diluar kelas atau grup tersebut.
SCHOOLOGY
Schoology adalah Learning Management System (LMS) yang
menyediakan layanan untuk user untuk membuat, mengatur, dan membagikan file.
Lambang Schoology didesain oleh Jeremy Friedman, Ryan Hwang, dan Tim Trinidad
pada tahun 2007 saat mereka masih belum lulus universitas. Pada awalnya
Schoology dibuat untuk bertukar file, dan dikembangkan fitur-fitur barunya
hingga seperti saat in.
Tampilan Schoology hampir mirip dengan situs jejaring
sosial facebook atau situs jejaring sosial lainnya. Schoology menyediakan fitur
untuk mencatat kehadiran, rapot online, ujian online, tugas atau quiz , maupun
PR. Tampilannya yang seperti situs jejaring sosial memudahkan penggunanya untuk
membuat kelas, grup, ataupun sekolah, seperti membuat grup di facebook.
Schoology
menawarkan para pengajar fitur premium berbayar yang mencakup keamanan
tambahan, mensinkornasikan database yang ada di sekolah ke schoology, dan fitur
lainnya yang cukup membantu pengajar dalam proses mengajar.
Pengajar
dapat membuat kelas, menambahkan materi untuk kelas tersebut - tugas, quiz,
artikel, link referensi materi, diskusi, foto, dan juga halaman web. Fitur
Schoology biasa yang tidak berbayar memberikan 15Gb ruangan untuk menguggah
file untuk 100 murid.
Schoology
juga mempunyai fitur rapot, yan secara otomatis menghitung nilai dari tugas,
quiz, dan ulangan yang sudah di buat pengguna. Dan juga pencatat absensi,
dimana murid bisa ditandai sebagai “hadir”, “izin”, ,”terlambat”, ataupun
“tidak masuk”.
KESIMPULAN
Baik Edmodo ataupun Schoology dapat membantu proses
pengajaran secara online, dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Secara tampilan mungkin Edmodo dapat terbilang lebih user friendly, namun dari
segi fitur, Schoology dapat mencakup lebih banyak fungsi-fungsi untuk
pembelajaran online atau E-learning.
DAFTAR
PUSTAKA
http://wazmac.com/discussion/edmodo-v-moodle-schoology/
https://en.wikipedia.org/wiki/Schoology
https://en.wikipedia.org/wiki/Edmodo
https://en.wikipedia.org/wiki/Educational_technology
https://id.wikipedia.org/wiki/Learning_Management_System
https://www.edmodo.com/
https://www.schoology.com/
No comments:
Post a Comment